Hilangkan Jack Audio 3.5mm di iPhone 7, Ini Alasan Apple

apple-h11

Salah satu hal yang mengejutkan sekaligus pertama kalinya dilakukan oleh pihak Apple terhadap dua flagship terbarunya adalah menghilangkan port jack audio 3.5mm secara total. Hal ini pastinya membuat para penikmat musik maupun audiophile yang telah memiliki headphones berkabel seharga jutaan mau tak mau harus menghubungkan perangkat audio mereka dengan adapter untuk bisa digunakan di iPhone 7 atau 7 Plus.

Hilangnya jack audio 3.5mm ini tentunya akan memberikan beberapa masalah baru untuk mereka yang hendak menghubungkan di perangkat audio mereka, apalagi jika tak memiliki adapter Lightning atau perangkat audionya tak memiliki konektivitas Bluetooth. Apple sendiri mengakui bahwa keputusan ini merupakan keputusan yang berat dan butuh keberanian untuk melakukannya. Jadi, kenapa Apple memutuskan untuk menghilangkan jack audio 3.5mm?

iphone_7_plus_lean-640x412

Hal ini dimulai dari kamera yang lebih baik dan lebih baru di dalam iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Kamera yang digunakan di kedua perangkat tersebut lebih besar, dikarenakan untuk memberikan tambahan berupa optical image stabilization, mengakibatkan kamera juga jadi lebih besar dari sebelumnya. Tim pengembang pun harus berusaha untuk bisa memasukkan hardware ini di dalam komponen utama lainnya, driver ledge, sebuah papan sirkuit kecil yang mengontrol backlight dan display dari iPhone. Secara tradisional, papan ini ditaruh di bagian atas smartphone, jauh dari lokasi baterai, tetapi di dua perangkat baru ini mau tak mau papan tersebut harus dipindahkan.

Lokasi yang akhirnya dituju adalah bagian bawah smartphone, di mana sekaligus merupakan posisi dari jack audio 3.5mm. Tim pun akhirnya menghilangkan jack audio 3.5mm tersebut untuk menempatkan driver ledge tersebut. Ditemukan, ternyata menghilangkan jack audio ini justru sedikit menguntungkan karena taptic engine jadi lebih mudah diinstalasi, besar baterai bisa ditambahkan juga di mana tentunya akan memberikan keuntungan lain berupa lebih lamanya daya tahan baterainya. Alasan terakhir jack audio 3.5mm dihilangkan adalah sebagai tambahan untuk memperkuat ketahanan smartphone ini terhadap air.

“Ini (jack audio 3.5mm) telah menahan kami untuk bisa melakukan berbagai hal yang hendak kami tanamkan di dalam sebuah iPhone,” Apple Senior VP of Hardware Engineering, Dan Riccio mengatakan, “(Port) ini mengambil ruang untuk teknologi kamera dan prosesor dan daya tahan baterai. Dan sejujurnya, ketika ada solusi modern yang lebih baik, gila jika tetap mempertahankannya.”
Previous
Next Post »
Thanks for your comment